Jumat, Februari 8

Cara Menginstall Windows Server 2008

Instalasi Windows Server 2008 gak sulit seperti yang dibayangkan, kalo loe pernah nginstal Windows Vista or 7 pasti gampang banget deh soalnya gak jauh beda proses instalasinya.


Note:
Windows Server 2008 juga dapat diinstal sebagai instalasi Server Core, yang merupakan versi cut-down dari Windows tanpa Windows Explorer GUI. Karena anda tidak memiliki Windows Explorer untuk menyediakan antarmuka GUI yang anda gunakan,anda mengkonfigurasi semua melalui antarmuka baris perintah atau jarak jauhmenggunakan Microsoft Management Console (MMC). Core Server dapat digunakan untuk mesin yang berdedikasi dengan peran dasar seperti pengendali Domain / Active Directory Domain Services, DNS Server, DHCP Server, file server, print server, Windows Media Server, IIS 7web server dan Windows server Server Virtualisasi maya.


Untuk menggunakan Windows Server 2008 loe butuhin spesifikasi:

Component Requirement


Processor
• Minimum: 1GHz (x86 processor) or 1.4GHz (x64 processor) • Recommended: 2GHz or faster Note: An Intel Itanium 2 processor is required for Windows Server 2008 for Itanium-based Systems

Memory
• Minimum: 512MB RAM • Recommended: 2GB RAM or greater • Maximum (32-bit systems): 4GB (Standard) or 64GB (Enterprise and Datacenter) • Maximum (64-bit systems): 32GB (Standard) or 2TB (Enterprise, Datacenter and Itanium-based Systems)

Available Disk Space
• Minimum: 10GB • Recommended: 40GB or greater Note: Computers with more than 16GB of RAM will require more disk space for paging, hibernation, and dump files

Drive
•DVD-ROM drive

Display and Peripherals
• Super VGA (800 x 600) or higher-resolution monitor • Keyboard • Microsoft Mouse or compatible pointing device

Upgrade notes:

Gue gak akan membahas proses upgrade dalam artikel ini, tapi untuk pengetahuan umum, jalur upgrade yang tersedia untuk Windows Server 2008 ditunjukkan dalam catatan di bawah:

Klo loe pake seperti ini :
• Windows Server 2003 Standard Edition (R2, Service Pack 1 or Service Pack 2)
• Windows Server 2003 Enterprise Edition (R2, Service Pack 1 or Service Pack 2)
• Windows Server 2003 Datacenter Edition (R2, Service Pack 1 or Service Pack 2)

Lo bisa upgrade ke :
• Full Installation of Windows Server 2008 Standard Edition
• Full Installation of Windows Server 2008 Enterprise Edition
•Full Installation of Windows Server 2008 Enterprise Edition
• Full Installation of Windows Server 2008 Datacenter Edition

Ikutin prosedur kaya di bawah ini untuk install Windows Server 2008:

1. Masukin CD/DVD Windows Server 2008 installation media ke DVD drive. Kalo loe belum punya lo bisa nyoba di Microsoft's Windows 2008 Server Trial website.
2. Reboot komputer.

3. Ketika muncul installation language and other regional options, pilih semau loe bahasanya apa dan klik Next.

4. Terus klik Install Now untuk mulai installation process.

5. Masukin Serialnya (Kalo bisa yang ORI ya, jangan bajakan..xixixixi), klikNext.


Kalo loe gak punya serial numbernya, lo bisa aktivasi di lain kesempatan dengan cara klik No.

6. Karena loe gak masukin Serial yang benar, proses instalasi tidak dapat menentukan jenisWindows 2008 lisensi Server loe sendiri, dan karena itu loe akan diminta untuk memilih versi yang benar di layar berikutnya, asumsi loe mengatakan yang sebenarnya dan akan memberikanmemperbaiki ID untuk membuktikan pilihan loe nanti .

7. Nahh..kalo loe masukin Serial yang benar, ntar bakal muncul pilihan instalasi windows server yang sesuai dengan Serial loe, dan klik Next.

8. Baca dan accept the license terms dengan klik pilihan checkbox and klikNext.

9. Pada jendela "Which type of installation do you want?", klik –Custom (Advanced).

10. Di "Where do you want to install Windows?", Pilih tempat mau nyimpen di partisi mana, dan klik Next.

Kalo melakukan instalasi pada hard disk yang terhubung ke controller SCSI, klik Load Driver dan masukkan media yang disediakan oleh produsen controller.

Kalo loe menginstal di lingkungan Virtual Machine, pastikan Anda membaca "Instalasi Virtual SCSI Controller Driver untuk Virtual Server 2005 pada Windows Server 2008"

Kalo loe harus, ,loe juga dapat mengklik Drive Pilihan dan manual membuat partisi pada disk tujuan.

11. Instalasi sekarang dimulai, dan loe dapat pergi makan siang. Menyalin file setup dari DVD ke hard drive hanya membutuhkan waktu sekitar satu menit. Namun, penggalian dan Uncompressing file membutuhkan banyak lagi. Setelah 20 menit, sistem operasi diinstal. Waktu yang tepat yang dibutuhkan untuk menginstal server inti tergantung pada spesifikasi hardware anda. Disk lebih cepat akan tampil lebih cepat menginstal ... Windows Server 2008 membutuhkan sekitar 10 GB ruang hard drive.

roses instalasi akan reboot komputer loe, jadi, jika di langkah # 10 loe memasukkan floppy disk (baik nyata atau virtual), pastikan loe mengeluarkannya sebelum pergi makan siang, karena loe akan menemukan server digantung tanpa kemampuan untuk boot(loe bisa mengabaikan inidengan mengkonfigurasi server untuk boot dari CD / DVD dan kemudian dari hard disk dalam urutan boot pada BIOS server)
12. Kemudian pada tampilan awal loe bakal nemuin Windows Server 2008 login screen. Tekan keyboard CTRL+ALT+DEL untuk log in.

13. klik Other User.

14. Default Administrator adalah kosong, jadi cukup pake usernameAdministrator and tekan Enter.

15. tekan Ok ajah lahh.

16. Pada kotak dialog password yang berubah, biarkan kosong password default (duh, bacalangkah # 15 ...), dan masukkan, kompleks baru, di-setidaknya-7-karakter-panjang password baru dua kali. Sandi seperti "topsecret" sudah tidak valid (bukan kompleks), tapi seperti "T0pSecreT!" itu baru bener karena kombinasi angka dan huruf. Pastikan loe mengingatnya.

17. Password loe udah berubah. Tekan Ok.



18. Akhirnya, desktop muncul dan cuma gitu doank, loe login dan bisa mulai bekerja. Loe akan disambut oleh seorang asisten untuk konfigurasi server awal, dan setelah melakukan beberapa tugas konfigurasi awal, loe akan dapat mulai bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar